Kapan Yoghurt Bisa dikonsumsi Si Kecil?

Kapan Yogurt Bisa Dikonsumsi Si Kecil?

Ngelihat bayi tumbuh kembang dengan baik pasti jadi satu keinginan semua ibu ya?

Kalo gitu siapin bareng yu masa makanan pendamping ASI (MPASI), terutama jika si kecil sudah berusia 6 bulan soalnya ini satu fase super penting di 1000 hari pertama kehidupannya. 

Hal pertama yang kamu perlu kenalan adalah MPASI biasanya terkenal dengan dua pilihannya. MPASI buatan rumah dan MPASI yang difortifikasi. Asiknya MPASI rumah itu terkontrol sendiri, dari milih bahan, ngelihat seger gak nya, kebersihan selagi pembuatannya. Tetapi ada juga versi fortifikasi, istilah gampangnya ini MPASI komersial/MPASI instan yang pastinya udah punya standarisasi dari lembaga kesehatan. 

Simpelnya nih MPASI itu nutrisi yang dibutuhkan bayi kayak protein, vitamin, mineral, lemak, dan karbohidrat. Gak Cuma kita yang butuh energi dari asupan makanan bergizi…tapi bayi juga!

Yoghurt jadi salah satu makanan yang sering didebatin di grup whats app buibu nih, mitos dan keributan itu adalah fana. Yang nyata dari yoghurt justru sah-sah aja kamu kasih ke si kecil, yang penting udah berusia 6 bulan atau bisa juga kalo kamu ragu si kecil dikasih yoghurt di usia 9 bulan. Biar gak salah langkah, kamu juga baiknya cek ya ke dokter keadaan si kecil apa punya kecenderungan alergi sama susu. Kalo gak ada, cus besok racik yoghurt

Sebelumnya biasakan dulu yuk baca label yoghurt yang mau kamu kasih buat si kecil. Biar si kecil gak ngerasa bosen, yoghurt yang akan dijadikan bagian dari MPASI ini baiknya kamu coba olah semenarik mungkin.

  1. Blender beberapa jenis buah kemudian tinggal tambah yoghurt plain deh. Perpaduan smoothie plus yoghurt! Nyam!
  2. Bikin buah-buahan yang sedikit dihancurkan untuk dicampur yoghurt

Asik banget ya! Yoghurt buat si kecil ternyata banyak bawa kebaikan yang mesti banget kamu coba. Selamat ber-MPASI

Jaga Kesehatan Kulit dengan Yogurt

Jaga Kesehatan Kulit dengan Yoghurt!

Sebelum memulai kegiatan pagi, pasti kamu selalu nyempetin buat bercermin gak sih? Terus pas bercermin kadang suka ada aja yang dikeluhkan…ngerasa  “duh kulit kusam banget nih”…….“duh kulit kering banget” gitu gak sih? Belum lagi bete kalo kulit berminyak.

Punya kulit yang sehat tuh dambaan semua orang. Sayang rintangannya juga banyak, setuju? Apalagi buat mencerahkan dan memutihkan kulit, gak cuma dipengaruhi sama faktor alami seperti usia, tapi juga ada kaitannya dengan lingkungan. Terus gimana cara kita merawat kesehatan kulit dari kebiasaan-kebiasaan yang ada. Jadi makin ngeh penting buat kita ngerawat kulit secara rutin! 

Tenang… tenang…. Sekarang cari tahu gimana cara menjaganya yuk!

Paling simple itu kamu cukup rutin konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan anti oksidan, seperti keluarga berry, kacang pecan, bayam, dan brokoli. Tidak lupa asupan vitamin C dan vitamin E yang ikut membantu menjaga kesehatan kulit. Cara alami lainnya, memanfaatkan makanan nutrisi tinggi kayak yoghurt. Yoghurt?!

Di dalam yogurt banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan sama tubuh. Terutama kandungan asam laktat yang bermanfaat banget tuh buat kecantikan kulit. Asam laktat sifatnya kayak pelembab sekaligus eksfoliator alami sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam.. Selain itu ada juga Kalsium dalam yoghurt dipercaya bisa mencegah kulit kering dan meremajakan kulit. Selain itu, kandungan ini bisa mencegah osteoporosis dan tulang keropos. 

Seru banget ya, dari satu bahan minuman punya banyak nutrisi kayak yoghurt… tubuh kita bisa ‘dijagain’ sama banyak kelebihannya. Seimbangi juga kesehatan kulit yang lagi ingin kamu jaga dengan konsumsi Yoguruto yang rendah gula dan lemak. 

Makanan yang Pengaruhi Kadar Gula Darah

Tahukah kamu kalau kadar gula darah dalam tubuh memiliki peran penting bagi kesehatan. Kadar gula yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah dapat mengganggu kesehatan tubuh. Loh? Segitu pentingnya ya?

Oia, jelas! Kadar gula darah di tubuh seseorang sebenarnya bisa dengan cepat berubah karena untuk tau batasan kadar gula darah normal, ternyata memiliki patokan yang berbeda-beda. 

Pada orang sehat, gula darah dikendalikan oleh insulin. Sebenernya gimana sih tubuh menghasilkan energi dari kadar gula? Nih jadi sistem pencernaan itu bisa mecahin karbohidrat jadi gula atau glukosa yang nantinya diserap sama aliran darah. Sebelum itu glukosanya harus ngelewatin dulu tes nih untuk bisa masuk ke sel-sel, tes itu namanya insulin yang dihasilkan dari pankreas. Semua proses itulah yang menjadikan energi dimana kita bisa beraktivitas setiap hari. 

Meski begitu yang harus disadari sesuatu yang berlebihan juga gak baik buat diri kamu. Sama halnya dengan asupan gula, kalo kebanyakan ya punya potensi obesitas dan diabetes. Hiks. Gak mau ‘kan? 

Lagi-lagi di sini gak akan bosen buat saling ingetin gimana pola hidup sehat punya peran penting banget. Gak susah lho, sekadar olahraga rutin setiap hari.. ngabisin waktu kamu 24 jam juga engga tuh. Tubuh digerakin, diajak nikmati udara segar, terus bisa lanjut ngerjain to do list harian. Minimal 30 menit aja, guys. Penting juga buat kamu rutin cek kadar gula darah, pastikan aja kamu puasa dulu selama 10 jam ya. Sementara untuk yang sudah berusia 40 tahun ke atas dan punya riwayat penyakit jantung, obesitas, stroke, tes bisa dilakukan lebih sering ya. 

Nah ada lagi nih yang sering disepelein, pola makan yang teratur dan sehat. Batasi asupan gula ke dalam tubuh, kalo perlu kamu bikin catatan harian. Terus buat yang punya pemikiran “Tapi aku suka ngemil!” Tenang.. yang doyan ngemil masih ada camilan sehat seperti kacang-kacangan, buah, dan yoghurt rendah lemak dan gula. Yoghurt merupakan satu dari sekian banyak pilihan minuman yang sehat. Kandungannya kaya akan serat yang mampu meningkatkan kesehatan pencernaan kamu. Kamu bisa banget nih mulai ngemil Yoguruto Wholesome Original.

Biar gula darah relatif stabil, ternyata ada juga lho makanan-makanan yang butuh waktu lebih lama untuk diproses jadi glukosa di tubuh kamu! Nama kerennya Indeks Glikemik (IG), tapi dengan catatan harus makan makanan dengan IG rendah. Indeks Glikemik (IG) ialah ukuran yang nunjukin seberapa cepet satu makanan bisa ningkatin gula darah dalam tubuh. Cool! 

Beberapa daftar makanan dengan IG rendah selain biasanya digunakan untuk pengobatan diabetesi (penderitaan penyakit diabetes), makanan-makanan ini juga bagus buat pencegahan. Yuk disimak!

  1. Jagung 
  2. Ubi Jalar
  3. Gandum Utuh
  4. Sayuran Berdaun Hijau; sawi, bok choy, kubis, bayam
  5. Kacang-kacangan; almond, pistachio, merah, kenari, tanah
  6. Biji chia
  7. Ikan; salmon, tuna, kembung
  8. Yoghurt plain
  9. Kayu manis
  10. Mie shirataki

‘Pengobatan’ bisa kamu mulai sedini mungkin, dari bijak memilih asupan makanan dan minuman misalnya?

Cemilan Sehat yang Cocok untuk Diet

Ngemil…ngemil…apa yang enak tapi sehat?

Bahaya nih kalo sampai beli camilan gak jelas, udah janji bulan ini mau mulai stop makanan dan minuman yang gak sehat 

Ada yang kayak gitu? Bentrok rasanya keinginan sama kebutuhan? Guys…. Ada satu cemilan murah, mudah didapetin, terus enak pula! Yoghurt adalah jalan ninja. Hehehe

Di dalam yoghurt ada banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Minuman yang terbuat dari susu fermentasi ini tinggi kalsium, vitamin B, dan mineral. Belum lagi kelebihannya akan protein yang bantu kamu mengatur nafsu makan, berat badan, mendukung metabolisme tubuh kamu. Biar kamu makin yakin buat beli cemilan yoghurt hari ini, ada beberapa hal yang mesti kamu tahu banget! 

Pertama, yoghurt menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Loh? Kece juga! Iya, gimana gak… yoghurt ngebantu nutrisi ke seluruh pencernaan, which is penting buat hilir mudiknya gula darah di tubuh kamu biar stabil atau sehat. 

Hal kedua, buat kamu yang gak pede sama urusan bau mulut. Yoghurt gak hanya mampu mengurangi bau nafas gak sedap, rajin ngemil camilan asam ini pun menjaga biar tingkat plan dan peradangan di gusi lebih rendah. Lebih kerennya lagi yoghurt bisa kasih perlindungan pada usus besar dan mencegah terjadinya kanker kolorektal.

Dibandingkan dengan Yogurt lainnya, Yogurt Yoguruto punya teknologi terkini yang  dikemas secara aseptis sehingga tanpa pengawet dapat tahan di suhu ruang, praktis mudah dibawa dan dikonsumsi dimana aja.

Yoguruto juga bisa didinginkan di dalam kulkas biar kamu bisa dapet sensasi yogurt segar dengan rasa asam yang pas.

Jadi sekarang udah siap buat jalani hidup sehat kan? Yuk bisa, yuk! Mulai aja dulu dari cermat pilih pilihan yoghurt yang kamu suka. Selain terjangkau, kandungannya yang paling kamu butuhin! 😉

Yogurt Baik Untuk Kesehatan Lambung

Jangan sepelekan rasanya yang sedikit asam. Minggu ini udah ngemil yoghurt?

Kandungan nutrisi di dalamnya gak perlu diragukan lagi buat menunjang kesehatan pencernaan kamu. Tapi…tapi… gimana buat yang bermasalah sama persoalan selain hidup yakni asam lambung, Boleh ngemil yoghurt?

Coba kita kupas lapisannya satu per satu ya.

Sebelum jadi yoghurt, camilan ini dibuat dari susu melalui fermentasi bakteri asam laktat Lactobacillus bulgaricus dan S treptococcus thermophillus. Bahan dari yoghurt tersebut bisa didapat dari susu apa aja termasuk sari kacang kedelai dan umumnya ya.. susu sapi. Proses fermentasi laktosa atau gula susu lah yang menghasilkan asam laktat yang jadi protein.

Salah satu mitos yang beredar, yaitu seputar hubungan yoghurt dan asam lambung yang gak baik alias gak bisa nih penderita asam lambung nikmatin enaknya yoghurt! Ternyata itu mitos beneran.

Asam lambung dikenal dengan istilah GERD (Gastroesphageal Reflux Disease), nah cara kerjanya sesederhana ada pintu yang melemah antara kerongkongan dan lambung jadi bikin asam lambung naik ke daerah kerongkongan.  

Salah satu cara menjaga dan mengatasinya dengan cara diet lambung. Jadi di proses ini kamu konsumsi cairan dan makanan secukupnya yang nanti bisa bantu menetralkan pembentukan asam lambung berlebih. Untungnya yoghurt masih mujarab kok buat kamu konsumsi dan bantu jaga kesehatan lambungmu. Ngemil yoghurt lebih mujarab mengurangi kadar bakteri yang terjadi di lambung karena kandungan di dalamnya ada asam laktat.

Proses terbentuknya asam laktat terjadi ketika genk bakteri mengubah karbohidrat (glukosa) jadi asam laktat. Kamu akan dapat banyak manfaat sekaligus nutrisi, pertama kekuatannya mencegah infeksi pada usus, ngejagain lambung kamu supaya sehat, dan ngendaliin kadar kolesterol dalam darah. 

Cara terbaik lainnya buat ngemilin yoghurt adalah olah aja  beberapa buah yang ada di dapur lalu mix sama yoghurt pilihan kamu deh! Pilih yang rendah gula dan rendah lemak, ya. Udah tuntas terjawab kan? Kalo hubungan yoghurt dan asam lambung itu gak seperti gosip belaka. Justru jika kamu ngemil pada porsi yang pas, akan banyak bawa kebaikan!

Selamat mencoba asiknya rasa asam yoguruto yang pas!

Apa Kata Mereka Tentang Tummy Yogurt?

Masih ragu untuk memenuhi kebutuhan seratmu dengan Tummy Yogurt? Yuk kita simak kata mereka tentang Tummy Yogurt Tinggi Serat ini, ada varian yang “No Added Sugar” juga lho! Jadi sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari!

Susah Hindari Makan “Junk Food”? Gak Masalah!

Hari ini makan apa, ya?

Pertanyaan tersebut terjawab dengan mudah berkat banyaknya pilihan yang tersedia di dunia digital. Semua dapat dicari sesuai yang sedang diinginkan, terus harga promonya bisa dibandingkan, dan tentu mudah dipesan. Apalagi jajanan di Indonesia sangat variatif, mulai dari makanan tradisional hingga junk food

Andai hari ini kita memesan junk food berupa dua ayam paha, kentang, dan minuman bersoda. Kemudian kebiasaan ini terus dipupuk, apa makanan tersebut sesuai dengan kebutuhan badan yang menunjang aktivitas harian? Sementara kandungan nutrisi pada junk food tidak memenuhi protein, vitamin, dan mineral yang umumnya dibutuhkan tubuh. 

Belum lagi penampilan makanan yang kini mudah menarik perhatian remaja, dari segi warna, kemasan, produsen bersaing menambah nilai tambah selain dari rasa yang ditawarkan. Lalu jika sudah begini, apa referensi makanan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan sudah benar? Pun tidak bisa menyalahkan akses referensi makanan yang tersebar.

Mengingat remaja membutuhkan nutrisi yang mendukung pertumbuhannya. Maka asupan jenis sayuran dan buah setiap hari memiliki peranan penting untuk menyumbang nutrisi tersebut. Pada rentang usia 13–18 tahun total kalori yang jadi kebutuhan remaja ada di sekitar 2125-2675 kkal. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tidak hanya berpengaruh pada kondisi tubuh tetapi juga penting mendukung konsentrasi serta energi saat beraktivitas. 

Beberapa komponen nutrisi berikut penting dipenuhi dalam masa pertumbuhan yang dapat membantu pembentukan otot, tulang, hingga perkembangan otak, seperti protein, karbohidrat, vitamin, serat, dan mineral. Untuk mendapatkannya, berikut rekomendasi makanan baik untuk kesehatan; jagung, alpukat, tomat, umbi-umbian, apel, dan bayam. Yap! Kebanyakan bersumber dari kacang-kacangan, sayur, buah, dan air putih. Makanan-makanan tersebut biasanya diasosiasikan dengan rasa hambar dan kurang menarik. 

Ketika remaja mengalami kekurangan nutrisi salah satu penyebabnya mengalami kebiasaan mudah memesan jajanan dan junk food tanpa adanya pengawasan keluarga.. ditakutkan beberapa dampak buruk seperti obesitas, anemia, gangguan pencernaan, dan malnutrisi akan terjadi. Yang paling umum misalnya dalam gangguan pencernaan ialah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Kondisi di mana dada atau tenggorokan terasa perih seperti terbakar, mengakibatkan mulut terasa asam atau pahit. Gejalanya pada remaja, termasuk sakit perut dan sering muntah. 

Jika begini, salah satu cara termudah agar remaja tumbuh dengan dukungan nutrisi baik dimulai dari rumah. Keluarga dapat berperan aktif membantu menjaga pertumbuhan anak dengan pengawasan konsumsi makanan yang dimakan. Berlatih bersama menanam beberapa sayuran atau buah dengan lahan yang ada di rumah, untuk kemudian anak merasakan langsung interaksi proses makanan yang dikonsumsi untuk tubuhnya. Tidak apa-apa sesekali membiarkan remaja memesan makanan sesuai keinginan hatinya. Tetapi sebagai catatan, jangan sampai makanan tidak sehat lebih banyak dikonsumsi dibanding makanan sehat yang dibutuhkan tubuh. 

Sesekali anak pun baiknya diikutsertakan dalam pembuatan makanan, sehingga ia diberi ruang berkreasi mengolah makanan yang akan dikonsumsi. Menanamkan hal-hal kecil tersebut sejak dini diharapkan seperti peran metabolisme yang mampu memperbaiki sel, pencernaan, dan pernapasan dalam tubuh. Remaja pun pelan-pelan belajar mengetahui makanan apa yang dikonsumsi, yang baik bagi dirinya, dan kapan memperbolehkan jajanan kekinian ia pesan lewat gadget nya. 

Masak sendiri ah di rumah, mau bikin perkedel kentang seperti yang pernah dibikin bareng Ibu.

Gerd sama Yoghurt Bisa Jadian?

Mau makan ini gak boleh, mau makan itu hmm nanti gimana ya efeknya? Bentar…bentar…

Punya masalah pencernaan tuh ribet banget. Makannya buat kamu yang pencernaannya gak ada masalah, dirawat baik-baik ya. Satu dari sekian yang paling sering terdengar adalah masalah asam lambung. Bahasa kerennya Gastroesphageal Reflux Disease disingkat GERD. 

Gejala ini ditandai dengan munculnya rasa kebakar di bagian dada karena asam lambung naik ke kerongkongan setelah makan dan penderita GERD ada dalam posisi berbaring. Cara kerja asam lambung ini sederhanya, di tubuh kamu itu ada katup penghubung antara kerongkongan sama lambung (lower esophageal sphincter atau LES) yang kalo dalam proses pencernaan normal akan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Nah, sementara itu GERD terjadi di saat LES nya melemah; katupnya susah ketutup sehingga asam lambuung naik kembali ke kerongkongan. Bagian paling gak enak itu gejalanya disertai beberapa tanda, kayak mual, muntah, dan lebih sering bersendawa.

Kamu tahu gak aktivitas perokok pasif jadi salah satu faktor yang memperburuk kondisi asam lambung? Hiks. Selain itu bisa jadi karena seringnya mengonsumsi makanan berlemak seperti gorengan, alkohol, kopi, dan merokok. Meski begitu ada beberapa anjuran bagi penderita GERD yang perlu kamu ketahui. Pertama, pastikan gak langsung berbaring setelah selesai makan berat ya. Terus jangan biasakan minum saat makan, tapi selesein dulu makannya baru deh…minum. Terakhir kamu bisa pelan-pelan makan dalam porsi yang sedikit tapi waktunya lebih sering aja. 

Kabar baiknya prebiotik sebagai “makanan” bakteri baik yang dipunyai yoghurt justru bantu meredakan rasa mual yang biasa dialami penderita GERD sekaligus mengusir bakteri jahat yang ada di kesehataan pencernaan. Dinikmatinya setelah makan berat ya gak boleh pas perut kamu kosong! Adapun takaran yoghurt  disarankan untuk diimbangi juga sama asupan makanan dan minuman sehat lainnya. Makanan yang bantu perbanyak bakteri baik di dalam tubuh misalnya ada; brokoli, kale, bayam, miso, apel, keluarga berries, olive oil, dan udah pasti yoghurt. 

Dengan ngemil yoghurt dengan takaran cukup, akan ada banyak manfaat yang akan kamu terima. 

  1. Membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh
  2. Menurunkan risiko hipertensi
  3. Mencegah terjadinya osteoporosis
  4. Meredakan gangguan yang terjadi di pencernaan 

Jadi kalo masih ada yang bilang yoghurt itu gak baik buat penderita GERD? No! No! Bisa banget justru kamu nikmati. Apalagi Yoguruto punya berbagai macam rasa dari plain sampai buah, jadi kamu gak akan bosan icip satu per satu dan bantu seimbangi asupanmu. Soalnya ketimbang ngejauhi rasa yummy yoghurt, berikut beberapa makanan yang justru harus kamu jauhi biar GERD gak makin parah. 

  1. Minuman bersoda
  2. Peppermint
  3. Makanan dengan kadar lemak tinggi seperti gorengan
  4. Makanan pedas

Bun.. hal yang kadang mujarab sebenarnya dekat loh sama kita yakni soal gaya hidup bahkan gak jarang penderita GERD mengatasinya dengan merubah total perilaku seperti yang udah di bahas di paragraf sebelumnya. Jangan sungkan juga buat datang ke dokter untuk konsultasi lebih jauh soal GERD, ya. Lebih sehat dan peduli dimulai dari mengobati diri sendiri!

Camilan Enak, Mudah Di Dapat!

Donut, keripik, bakso … ayo ngaku hari ini udah mikirin berapa makanan buat ngemil? 

Kamu percaya gak sama kalimat “you are what you eat”? Tubuh kamu bisa banget kerasa segeran, berenergi, dan lebih sehat. Atau di lain waktu, kerasa gak bertenaga dan kurang konsentrasi buat ngerjain kegiatan harian.

Lewat makanan, kita kayak diajak berinteraksi sama diri sendiri. Setiap hari buat belajar online dan berkegiatan contohnya, butuh sumber energi ‘kan? Nah, makanan tuh udah jawaban paling tepat deh! Di dalam makanan, kita bisa ketemu sama sumber-sumber  nutrisi yang baik buat tubuh. Syarat makanannya emang yang harus punya karbohidrat, protein, kalori, vitamin, mineral, dan lemak yang cukup. Asupan makanan dengan nutrisi ini lho yang bikin kamu berenergi, bahan buat pertumbuhan, dan support buat memperbaiki bagian dalam tubuh. Fungsi paling keren itu ngejagain kamu dalam membentuk sistem kekebalan.

Banyak banget pilihannya. Jenis kacang misalnya, ada kacang merah, kacang tanah, dan kacang almond. Buah-buahan juga menarik buat disantap santai, buah naga, manga, pisang, apel, dan stroberi. Ada juga berbagai ikan, yoghurt, dan air putih. Sementara kalo geng sayuran, kamu bisa dapet nutrisi dari bayam, mentimun, wortel, kubis, dan kalo dijabarin bisa jadi ajang curhat nih. Variasi makanan tersebut asik banget buat diolah jadi makanan yang gak cuma sehat tapi menarik perhatian juga!

Kebayang kalo kamu sering makan jajanan yang kamu sendiri gak paham sama apa yang lagi kamu makan? Entah itu kamu sengaja beli dari aplikasi pemesanan makanan atau di pinggir jalan. Belum lagi camilan sekarang tuh, gak cuma menggoda dari segi penampilan tapi juga harga yang murahnya kebangetan. Jadi gampang tergoda rasanya, setuju?  

Sesekali gak apa-apa kok cobain jajanan atau camilan yang bikin kamu mikirin dia lebih dari kamu mikirin diri kamu sendiri. Haha Eits! Semoga gak kebablasan aja ya.. sampai lupa badan kamu jauh lebih minta dikasih makanan sehat. 

Dengan catatan, buat kamu yang lagi ngebet diet. Makan makanan yang punya kalori berlebih tapi gak diimbangi aktivitas gerak seperti olahraga sama aja kaya bermimpi….

Kenapa? Simpelnya ketika kamu makan dan minum 1000 kkal, kamu pun perlu membakar 1000 kkal. Jadi lemak-lemak yang bandel itu gak diem lama di tubuh kamu. Coba latihan pelan-pelan merhatiin makanan yang kamu konsumsi. 

Misalnya nih lagi ingin banget makan makanan manis, donat, kue… hayo jadi ikut bayangin makanan manis apa? Iya, makanan manis tuh susah banget ditolaknya! Sayangnya dia punya kadar gula yang gak baik buat kesehatan. Paling gampang buat nolak secara halus itu ganti sama camilan buah segar dan yoghurt. Selain bisa jadi opsi, gampang banget di dapetinnya! Yoghurt contohnya, ini tuh camilan sehat yang bisa bantu ngatur kamu ngendaliin keinginan makan makanan manis. Soalnya yoghurt punya bakteri sehat yang menjaga kesehatan pencernaan.

Ini hidup kamu… jadi tentuin asupan makanan dengan yang baik bagi tubuhmu sekaligus seimbangkan dengan Yoguruto .. yoghurt bernutrisi rendah gula dengan empat varian rasa!

Kebutuhan Kalori, Gak Semenyeramkan Itu!

Besok asiknya sarapan apa, ya? Dari malem sebelum tidur kadang pikiran kaya gini muncul begitu aja. Ngebayangin beli bubur enak kali. Beli gorengan dan minum kopi di pagi hari juga menarik! Atau ada yang doyan ngelewatin jam sarapan? Waktu ideal sarapan sih di jam 07.00 – 08.00, asal gak lebih dari jam 10.00 WIB. 

Anggap aja sarapan ialah bahan energi awal kamu hari ini, buat ngadepin hectic nya kegiatan. Tapi sayangnya kamu belum mau tahu lebih, kenapa asupan makanan itu penting? Emang kandungan nutrisi apa sih yang perlu kita penuhi setiap harinya? Cari tahu bersama, yuk!

Ngasih bahan energi ke tubuh kamu paling mudah dimulai dari memahami kebutuhan kalori harian lewat asupan makanan bernutrisi tinggi. Support ini penting karena merupakan komponen yang membentuk sistem tubuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan hidup sehat. Dengan kita mengenal makanan apa yang dimakan, ngebantu juga nih risiko penyakit berbahaya, seperti diabetes, kanker, obesitas, dan penyakit jantung. Ingin ‘kan punya tubuh yang bugar? 

Ada beberapa cara ajaib serta mudah yang bisa kamu jadikan kebiasaan baru untuk mengontrol kalori harianmu. Ini langkah mudahnya:

  1. Gak ada salahnya buat mencatat ketika memakan sesuatu, entah itu dessert, camilan, atau di jam-jam makan harian. Manfaatkan aja aplikasi yang ada di handphone. 
  2. Gunakaan teknologi beserta pilihan aplikasi penghitung kalori yang bisa langsung kamu install dari handphone. Gak jarang kamu juga bisa membuat catatan makanan harian loh.
  3. Biasakan membaca label makanan atau minuman yang kamu beli atau mau dikonsumsi untuk menghitung kalori yang terkandung di dalamnya.
  4. Kalo dalam satu makanan kamu gak menemukan keterangan kalori, cukup perhatiin protein, karbohidrat, dan lemak. Jumlah kalori yang kamu konsumsi  adalah hasil dari ketiganya. 

Selain langkah-langkah di atas, perlu kamu seimbangi juga ya dengan perubahan gaya hidup supaya bisa menyeimbangkan kalori. Berikut catatannya:

  1. Jangan biasain minum minuman manis yang mengandung tinggi gula.
  2. Paling murah dan mudah itu minum air putih yang banyak. Kebutuhan per hari hanya 8 gelas air per hari atau setara dengan 2 liter air.
  3. Mengonsumsi lebih banyak makanan berprotein, serta seimbangkan dengan konsumsi serat dari buah dan sayuran.
  4. Ayo semangat buat rutin olahraga, gak perlu yang berat-berat loh. Apalagi sekarang banyak aplikasi buat 7 menit olahraga dari rumah. Atau buat kamu yang ingin sekalian cari udara segar, jalan kaki asik buat jadi pilihan. 

Meski penting banget tahu kebutuhan kalori untuk badan diri sendiri kaya apa.. sesekali jajan makanan atau minuman hits ya bolehlah, anggap aja reward kecil. Kayak es kopi susu literan yang dari awal tahun sampai sekarang jadi tren terbaru. Belum lagi kemarin kita semua sempet banjir story teman lagi bikin dalgona coffee yang viral itu. Eh, karena gampang bikinnya ya … jadi ikut coba buat deh. Ups. 


Paling seru itu part kamu ketika mau bikin sendiri camilan aktivitas di hari ini buat nemenin segudang pekerjaan dan bahan belajar di rumah berbahan dasar Yoguruto Wholesome Original. Yap! Coba bikin Mango Lassi deh! Cukup olah bahan-bahan sederhana, buah manga, yoghurt, dan susu. Campur semua ke dalam blender dan kasih sedikit kapulaga di atasnya atau kacang pistachio. Terus kalo jadi camilan sehat ke kantor juga oke nih buat jam-jam ngemil. Milih makanan tuh gak kelihatan kaya habit, tapi efeknya ngaruh banget buat energi dan kesehatanmu. Gak ada yang terlambat, kamu bisa mulai dari sekarang buat peduli dengan asupan kalori buat tubuhmu!