Bolehkah Yoghurt jadi Asupan Saat MPASI?

Masa-masa MPASI adalah masa yang sangat penting, Apalagi buat si buah hati, MPASI (Masa Makanan Pendamping ASI) di 1000 hari pertama berarti banget buat tumbuh kembangnya. Makannya sekarang kita sama-sama yuk lebih tahu sama apa yang terbaik buatnya. 

MPASI itu biasanya ada yang buatan rumah atau homemade dan satu lagi versi fortifikasi. Kalo bikin sendiri ‘kan bisa dikontrol untuk jaga kualitas makanan, biasanya sebelum diblender kamu bisa milih untuk direbus atau dikukus. Mana sih yang lebih baik? Umumnya ada beberapa makanan yang khususnya mengandung vitamin C gak disarankan buat direbus soalnya kandungan gizi hilang saat proses merebus apalagi kalo kamu merebus terlalu lama. Beda nih kalo makanannya bentuk kukusan, nutrisi di tiap makanan gak gampang rusak dan tetap terjaga. Dan ternyata makanan dalam bentuk kukusan jauh lebih renyah jadi si buah hati bisa sekalian belajar makanan bertekstur. Pastinya kedua cara tersebut punya kelebihan masing-masing, yang penting cara memasaknya harus dijaga… biar nutrisinya ikut terjaga. 

Well, panjang-panjang ngobrolin versi homemade. Sampai hampir lupa kalo ada juga MPASI fortifikasi, bahasa mudahnya ini tuh MPASI instan yang udah punya strandar dari lembaga kesehatan. Salah satu contoh yakni yoghurt. Wow! Si kecil udah boleh ngemilin yoghurt? Boleh bangetttttt buat makanan pendamping! Rasanya yang enak dan bisa diolah macam-macam justru jadi tantangan nih buat kamu biar si kecil mau nyicip. 

Syarat pertama pastikan aja dulu si buah hati udah di usia 6 bulan, lalu kamu pun bisa kok sekalian cek-cek ke dokter apa si kecil punya kecenderungan alergi susu kecuali kalo yoghurtnya non-dairy. Biar makin yakin! Sebenernya gak mesti di usia 6 bulan kok, kamu boleh juga kasih asupan yoghurt pas usianya memasuki 9 bulan. FYI, yoghurt punya kandungan protein yang baik buat dukung sistem kekebalan tubuh bekerja di si kecil, plus ngejauhin bakteri yang mau nyerang sistem pencernaannya. 

Biar si buah hati tertarik sama yoghurt, kamu bisa jadikan yoghurt bahan makan utama atau cemilan dengan berkreasi sama bahan-bahan yang ada di rumah. Coba cek beberapa tips ini:

  1. Bikin campuran buah dan sayur yang di mix sama yoghurt. Kamu bisa potong kecil atau sedikit dilunakan sesuai ukuran yang kira-kira mampu dimakan si buah hati atau alternatif lain. Untuk buah sendiri, bisa pilih alpukat, pisang, mangga, pepaya, anggur,  dan apel. Nah, buat jenis sayuran yang bisa dijadikan topping ada labu, bit, dan ubi madu. 
  2. Kamu juga bisa banget nambahin oatmeal yang kaya sama vitamin dan mineral. 
  3. Atau coba bikin olahan minuman yang dicampur sama yoghurt, tinggal blender aja sama buah yang ada di rumah. Voila! Makanan sehat untuknya siap saji.
  4. Hindari madu ya yang dicampur dengan yoghurt. 

Gak nyangka ya, kalo yoghurt itu diperbolehkan buat jadi makanan buat si kecil! Semoga dengan tips di atas, si kecil makin semangat makan olahan kamu! 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *