Makan Sempurna untuk Diet

Punya berat badan ideal, siapa yang gak mau?

Tapi..tapi… apakah berat badan ideal yang kamu idamkan bikin nyiksa diri sampai gampang lelah, mual, bahkan diare? Hiksss. Ini sih super gak enak dan kurang kalori namanya. Hati-hati! Salah satu sumber energi buat tetap bisa aktif beraktivitas dan punya berat badan ideal adalah asupan kalori dari makanan. Takarannya gak berlebih dan gak kurang.

Bayangin nih kalo kamu konsumsi makanan yang banyak kandungan kalori tapi aktivitasnya gak ada sama sekali, tubuh bakal simpen semua itu dalam bentuk lemak. Atau kamu maksain diri ingin punya berat badan ideal, tanpa sayang sama diri sendiri, gak cari tahu makanan apa aja yang punya support baik buat tubuh tetep tercukupi kalorinya. Yang ada kamu lemes dan gak fokus buat jalani hari-harimu. 

Jadi sekarang mulai kenalan yuk sama makanan-makanan dengan kalori rendah, kamu bisa tetap lakukan diet sekaligus dapet asupan kalori yang cukup alias masih bisa kenyang. Beberapa bahkan enak dijadiin camilan atau snack... gak usah khawatir gak bisa jajan jajanan enak, daftar makanan ini mudah kamu temuin kok! 

Pertama, kentang rebus. Banyak yang beranggapan karbohidrat di dalam kentang tinggi sehingga gak milih makan makanan enak ini. Padahal kentang kaya akan vitamin dan ada pati tahan cerna atau pati resisten. Si pati ini tuh rendah kalori tapi akan bikin kamu tetap merasa kenyang. Direbus lho ya… bukan digoreng… ok? 

Selanjutnya ada buah apel. Ini buah cocok buat kamu yang lagi mau diet sehat. Di dalamnya ada 85% kandungan air yang bikin rasa kenyang cepet muncul, baiknya kamu konsumsi buah apel ini secara utuh ya sama beserta kulit luarnya plus gak perlu diolah-olah lagi. 

Ketiga, ada lean meat. Terdengar agak asing? Bahasa umumnya bagian daging dengan kandungan rendah lemak. Lean meat bersumber dari ikan, ayam, kalkun, dan daging sapi. Beberapa pilihan buat kamu nih, dada ayam tanpa kulit, dada ayam kalkun tanpa kulit, dan eye round atau steak sapi bulat dengan menyingkirkan lemaknya. Pastikan kamu masak secara matang dan gak dipanaskan lebih dari sekali ya. 

Ada lagi kandungan rendah kalori dan punya lemak yang menyehatkan yang terdapat di dalam telur. Pas jadi teman sarapan karena jadi sumber protein lengkap dan biasanya cepat bikin kenyang. Atau kamu bisa pilih oatmeal karena bantu ningkatin rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori sepanjang hari. Wajar aja soalnya di dalam oat meal ada serat yang tinggi. 

Lanjut! Snack enak lain datang dari buah-buahan lagi yaitu jeruk. Hampir sama dengan apel yang kaya akan pektin, jeruk dengan segala rasa di dalamnya punya kandungan kalori sedikit karena ada 87% air. Ini yang bikin jeruk membantu kamu buat nambah rasa kenyang sekaligus sehat. 

Jangan lupain juga konsumsi sayur, guys

Olahan sayur yang paling gampang dibuat itu salad. Di dalamnya ada ragam sayuran fav kamu, cuci bersih terlebih dahulu, dan coba ganti mayonaise sama minyak zaitun. Kenapa sok-sok an pakai minyak zaitun? Karena sayuran yang fresh menjaga tetap rendah kalori dan gak ada bumbu-bumbu lain yang punya kalori tinggi, si minyak ngebantu nge-balance semuanya.  

Terakhir gak lupa dong sumber camilan enak dan bisa kapan pun kamu konsumsi yakni yoghurt. Yas! Apalagi yoghurt bantu kamu punya sumber protein baik yang menekan rasa lapar dan bantu turunkan berat badan. Kamu pun bisa mix yoghurt sama buah-buahan favorite. 

Terlepas dari apapun alasan kamu untuk jalankan diet. Entah karena ingin punya berat badan ideal, biar gak obesitas, dan kebutuhan lainnya. Tolong tetap diet versi sehat ya, kenali asupan makanan buat tubuhmu sama kayak sayang juga sama tubuh kok. Diet sehat jalan, tubuh merasa kenyang…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *