Makanan yang Pengaruhi Kadar Gula Darah

Tahukah kamu kalau kadar gula darah dalam tubuh memiliki peran penting bagi kesehatan. Kadar gula yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah dapat mengganggu kesehatan tubuh. Loh? Segitu pentingnya ya?

Oia, jelas! Kadar gula darah di tubuh seseorang sebenarnya bisa dengan cepat berubah karena untuk tau batasan kadar gula darah normal, ternyata memiliki patokan yang berbeda-beda. 

Pada orang sehat, gula darah dikendalikan oleh insulin. Sebenernya gimana sih tubuh menghasilkan energi dari kadar gula? Nih jadi sistem pencernaan itu bisa mecahin karbohidrat jadi gula atau glukosa yang nantinya diserap sama aliran darah. Sebelum itu glukosanya harus ngelewatin dulu tes nih untuk bisa masuk ke sel-sel, tes itu namanya insulin yang dihasilkan dari pankreas. Semua proses itulah yang menjadikan energi dimana kita bisa beraktivitas setiap hari. 

Meski begitu yang harus disadari sesuatu yang berlebihan juga gak baik buat diri kamu. Sama halnya dengan asupan gula, kalo kebanyakan ya punya potensi obesitas dan diabetes. Hiks. Gak mau ‘kan? 

Lagi-lagi di sini gak akan bosen buat saling ingetin gimana pola hidup sehat punya peran penting banget. Gak susah lho, sekadar olahraga rutin setiap hari.. ngabisin waktu kamu 24 jam juga engga tuh. Tubuh digerakin, diajak nikmati udara segar, terus bisa lanjut ngerjain to do list harian. Minimal 30 menit aja, guys. Penting juga buat kamu rutin cek kadar gula darah, pastikan aja kamu puasa dulu selama 10 jam ya. Sementara untuk yang sudah berusia 40 tahun ke atas dan punya riwayat penyakit jantung, obesitas, stroke, tes bisa dilakukan lebih sering ya. 

Nah ada lagi nih yang sering disepelein, pola makan yang teratur dan sehat. Batasi asupan gula ke dalam tubuh, kalo perlu kamu bikin catatan harian. Terus buat yang punya pemikiran “Tapi aku suka ngemil!” Tenang.. yang doyan ngemil masih ada camilan sehat seperti kacang-kacangan, buah, dan yoghurt rendah lemak dan gula. Yoghurt merupakan satu dari sekian banyak pilihan minuman yang sehat. Kandungannya kaya akan serat yang mampu meningkatkan kesehatan pencernaan kamu. Kamu bisa banget nih mulai ngemil Yoguruto Wholesome Original.

Biar gula darah relatif stabil, ternyata ada juga lho makanan-makanan yang butuh waktu lebih lama untuk diproses jadi glukosa di tubuh kamu! Nama kerennya Indeks Glikemik (IG), tapi dengan catatan harus makan makanan dengan IG rendah. Indeks Glikemik (IG) ialah ukuran yang nunjukin seberapa cepet satu makanan bisa ningkatin gula darah dalam tubuh. Cool! 

Beberapa daftar makanan dengan IG rendah selain biasanya digunakan untuk pengobatan diabetesi (penderitaan penyakit diabetes), makanan-makanan ini juga bagus buat pencegahan. Yuk disimak!

  1. Jagung 
  2. Ubi Jalar
  3. Gandum Utuh
  4. Sayuran Berdaun Hijau; sawi, bok choy, kubis, bayam
  5. Kacang-kacangan; almond, pistachio, merah, kenari, tanah
  6. Biji chia
  7. Ikan; salmon, tuna, kembung
  8. Yoghurt plain
  9. Kayu manis
  10. Mie shirataki

‘Pengobatan’ bisa kamu mulai sedini mungkin, dari bijak memilih asupan makanan dan minuman misalnya?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *