Gerd sama Yoghurt Bisa Jadian?

Mau makan ini gak boleh, mau makan itu hmm nanti gimana ya efeknya? Bentar…bentar…

Punya masalah pencernaan tuh ribet banget. Makannya buat kamu yang pencernaannya gak ada masalah, dirawat baik-baik ya. Satu dari sekian yang paling sering terdengar adalah masalah asam lambung. Bahasa kerennya Gastroesphageal Reflux Disease disingkat GERD. 

Gejala ini ditandai dengan munculnya rasa kebakar di bagian dada karena asam lambung naik ke kerongkongan setelah makan dan penderita GERD ada dalam posisi berbaring. Cara kerja asam lambung ini sederhanya, di tubuh kamu itu ada katup penghubung antara kerongkongan sama lambung (lower esophageal sphincter atau LES) yang kalo dalam proses pencernaan normal akan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Nah, sementara itu GERD terjadi di saat LES nya melemah; katupnya susah ketutup sehingga asam lambuung naik kembali ke kerongkongan. Bagian paling gak enak itu gejalanya disertai beberapa tanda, kayak mual, muntah, dan lebih sering bersendawa.

Kamu tahu gak aktivitas perokok pasif jadi salah satu faktor yang memperburuk kondisi asam lambung? Hiks. Selain itu bisa jadi karena seringnya mengonsumsi makanan berlemak seperti gorengan, alkohol, kopi, dan merokok. Meski begitu ada beberapa anjuran bagi penderita GERD yang perlu kamu ketahui. Pertama, pastikan gak langsung berbaring setelah selesai makan berat ya. Terus jangan biasakan minum saat makan, tapi selesein dulu makannya baru deh…minum. Terakhir kamu bisa pelan-pelan makan dalam porsi yang sedikit tapi waktunya lebih sering aja. 

Kabar baiknya prebiotik sebagai “makanan” bakteri baik yang dipunyai yoghurt justru bantu meredakan rasa mual yang biasa dialami penderita GERD sekaligus mengusir bakteri jahat yang ada di kesehataan pencernaan. Dinikmatinya setelah makan berat ya gak boleh pas perut kamu kosong! Adapun takaran yoghurt  disarankan untuk diimbangi juga sama asupan makanan dan minuman sehat lainnya. Makanan yang bantu perbanyak bakteri baik di dalam tubuh misalnya ada; brokoli, kale, bayam, miso, apel, keluarga berries, olive oil, dan udah pasti yoghurt. 

Dengan ngemil yoghurt dengan takaran cukup, akan ada banyak manfaat yang akan kamu terima. 

  1. Membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh
  2. Menurunkan risiko hipertensi
  3. Mencegah terjadinya osteoporosis
  4. Meredakan gangguan yang terjadi di pencernaan 

Jadi kalo masih ada yang bilang yoghurt itu gak baik buat penderita GERD? No! No! Bisa banget justru kamu nikmati. Apalagi Yoguruto punya berbagai macam rasa dari plain sampai buah, jadi kamu gak akan bosan icip satu per satu dan bantu seimbangi asupanmu. Soalnya ketimbang ngejauhi rasa yummy yoghurt, berikut beberapa makanan yang justru harus kamu jauhi biar GERD gak makin parah. 

  1. Minuman bersoda
  2. Peppermint
  3. Makanan dengan kadar lemak tinggi seperti gorengan
  4. Makanan pedas

Bun.. hal yang kadang mujarab sebenarnya dekat loh sama kita yakni soal gaya hidup bahkan gak jarang penderita GERD mengatasinya dengan merubah total perilaku seperti yang udah di bahas di paragraf sebelumnya. Jangan sungkan juga buat datang ke dokter untuk konsultasi lebih jauh soal GERD, ya. Lebih sehat dan peduli dimulai dari mengobati diri sendiri!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *