Kebutuhan Kalori, Gak Semenyeramkan Itu!

Besok asiknya sarapan apa, ya? Dari malem sebelum tidur kadang pikiran kaya gini muncul begitu aja. Ngebayangin beli bubur enak kali. Beli gorengan dan minum kopi di pagi hari juga menarik! Atau ada yang doyan ngelewatin jam sarapan? Waktu ideal sarapan sih di jam 07.00 – 08.00, asal gak lebih dari jam 10.00 WIB. 

Anggap aja sarapan ialah bahan energi awal kamu hari ini, buat ngadepin hectic nya kegiatan. Tapi sayangnya kamu belum mau tahu lebih, kenapa asupan makanan itu penting? Emang kandungan nutrisi apa sih yang perlu kita penuhi setiap harinya? Cari tahu bersama, yuk!

Ngasih bahan energi ke tubuh kamu paling mudah dimulai dari memahami kebutuhan kalori harian lewat asupan makanan bernutrisi tinggi. Support ini penting karena merupakan komponen yang membentuk sistem tubuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan hidup sehat. Dengan kita mengenal makanan apa yang dimakan, ngebantu juga nih risiko penyakit berbahaya, seperti diabetes, kanker, obesitas, dan penyakit jantung. Ingin ‘kan punya tubuh yang bugar? 

Ada beberapa cara ajaib serta mudah yang bisa kamu jadikan kebiasaan baru untuk mengontrol kalori harianmu. Ini langkah mudahnya:

  1. Gak ada salahnya buat mencatat ketika memakan sesuatu, entah itu dessert, camilan, atau di jam-jam makan harian. Manfaatkan aja aplikasi yang ada di handphone. 
  2. Gunakaan teknologi beserta pilihan aplikasi penghitung kalori yang bisa langsung kamu install dari handphone. Gak jarang kamu juga bisa membuat catatan makanan harian loh.
  3. Biasakan membaca label makanan atau minuman yang kamu beli atau mau dikonsumsi untuk menghitung kalori yang terkandung di dalamnya.
  4. Kalo dalam satu makanan kamu gak menemukan keterangan kalori, cukup perhatiin protein, karbohidrat, dan lemak. Jumlah kalori yang kamu konsumsi  adalah hasil dari ketiganya. 

Selain langkah-langkah di atas, perlu kamu seimbangi juga ya dengan perubahan gaya hidup supaya bisa menyeimbangkan kalori. Berikut catatannya:

  1. Jangan biasain minum minuman manis yang mengandung tinggi gula.
  2. Paling murah dan mudah itu minum air putih yang banyak. Kebutuhan per hari hanya 8 gelas air per hari atau setara dengan 2 liter air.
  3. Mengonsumsi lebih banyak makanan berprotein, serta seimbangkan dengan konsumsi serat dari buah dan sayuran.
  4. Ayo semangat buat rutin olahraga, gak perlu yang berat-berat loh. Apalagi sekarang banyak aplikasi buat 7 menit olahraga dari rumah. Atau buat kamu yang ingin sekalian cari udara segar, jalan kaki asik buat jadi pilihan. 

Meski penting banget tahu kebutuhan kalori untuk badan diri sendiri kaya apa.. sesekali jajan makanan atau minuman hits ya bolehlah, anggap aja reward kecil. Kayak es kopi susu literan yang dari awal tahun sampai sekarang jadi tren terbaru. Belum lagi kemarin kita semua sempet banjir story teman lagi bikin dalgona coffee yang viral itu. Eh, karena gampang bikinnya ya … jadi ikut coba buat deh. Ups. 


Paling seru itu part kamu ketika mau bikin sendiri camilan aktivitas di hari ini buat nemenin segudang pekerjaan dan bahan belajar di rumah berbahan dasar Yoguruto Wholesome Original. Yap! Coba bikin Mango Lassi deh! Cukup olah bahan-bahan sederhana, buah manga, yoghurt, dan susu. Campur semua ke dalam blender dan kasih sedikit kapulaga di atasnya atau kacang pistachio. Terus kalo jadi camilan sehat ke kantor juga oke nih buat jam-jam ngemil. Milih makanan tuh gak kelihatan kaya habit, tapi efeknya ngaruh banget buat energi dan kesehatanmu. Gak ada yang terlambat, kamu bisa mulai dari sekarang buat peduli dengan asupan kalori buat tubuhmu!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *